Polantas Bandara Soekarno Hatta Urai Kemacetan Demi Beri Jalan Ambulans Bawa Pasien Sakit Jantung

Polantas Bandara Soekarno Hatta Urai Kemacetan Demi Beri Jalan Ambulans Bawa Pasien Sakit Jantung

Banten, Bandara Soetta, Beritakota Online– Sebuah ambulans yang membawa seseorang yang mengalami serangan jantung mengalami ketersendatan karena kemacetan lalu lintas saat akan menuju ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat.

Personel Satlantas Polres Soeta Briptu Dian Setiawan

Saat itu, Rabu 1 Maret 2023 sore, beberapa ruas jalan di sekitar Bandara Soekarno Hatta memang terjadi penumpukan kendaraan akibat hujan dan genangan air.

Secara kebetulan saat itu ada Briptu Dian Setiawan, personel BM Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta yang sedang mengurai kemacetan lalu lintas di Pertigaan Mie Ayam dari Bandara Soekarno Hatta arah Tangerang, Banten.

Melihat ada ambulans yang lajunya tersendat akibat kemacetan, Briptu Dian Setiawan langsung mengawal ambulans tersebut, mengurai kemacetan untuk memberi jalan ambulans, dan mencari jalan alternatif agar pasien cepat bisa sampai di rumah sakit.

“Jadi akibat jalanan stuck, akibat genangan air di Perimeter Selatan arah ke Tangerang, akhirnya Briptu Dian Setiawan melakukan upaya diskresi kepolisian dengan membuka jalan menerobos kemacetan untuk menyelamatkan nyawa manusia ke RS Mitra Keluarga Kalideres Jakbar, rumah sakit terdekat,” terang Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq.

Menurut Kompol Bambang AS, sore itu memang ada genangan air di mana-mana akibat hujan disertai angin yang terjadi terus menerus. Imbasnya terjadi kemacetan lalu lintas.

“Bahkan banyak pesawat yang membatalkan landing di Bandara Soekarno Hatta,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakapolresta Bandara Soekarno Hatta AKBP Anton Firmanto mengapresiasi inisiasi anggota Polantas Bandara itu mengawal ambulans yang berisi pasien dengan sakit jantung.

Menurut AKBP Anton Firmanto, aksi kemanusiaan Briptu Dian Setiawan merupakan tindakan mulia yang patut diacungi jempol dan dapat dijadikan teladan bagi anggota lainnya.

Respons cepat Briptu Dian Setiawan, tambah perwira menengah Polri yang tak lama lagi akan menjabat sebagai Kapolresta Balikpapan itu, dapat menyelamatkan nyawa manusia, dan juga bentuk hadirnya polisi berseragam sebagai simbol hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat terutama yang membutuhkan pertolongan.

“Kehadiran polisi berseragam setiap saat dan setiap waktu sebagai bentuk hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat, sesuai dengan kebijakan dari Bapak Kapolda Metro Jaya yang menekankan anggota jadi Polisi Baik dan Polisi Penolong,” ungkap AKBP Anton Firmanto. ( Relis Satlantas Polres Soeta)

Editor : Andi Eka/Andi A Effendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *