Peningkatan Keandalan Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan, PLN ULPLTD Tello Sigap Lakukan Pemeliharaan Darurat

*Kesigapan dalam melakukan pemeliharaan darurat ULPLTD Tello demi Peningkatan Keandalan Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan*

Makassar, Beritakota Online-Kesiapsiagaan PLN dalam melakukan Tindakan pemeliharaan darurat adalah salah satu hal penting dalam menjaga keandalan pasokan listrik. Pemeliharaan mesin pembangkit menjadi salah satu upaya Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memberikan pelayanan kelistrikan terbaik bagi masyarakat di Kota Makassar.

Selain untuk meningkatkan keandalan kelistrikan di Kota Makassar. Diketahui, Makassar merupakan kota yang memiliki pelanggan terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar masuk dalam system kelistrikan yakni Sistem Sulawesi Bagian Selatan dimana beban puncak bisa mencapai sekitar 1.500 MW. PLN di bawah koordinasi PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi mengelola seluruh pembangkit yang beroperasi di Sulawesi. Salah satunya adalah Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tello yang berada di tengah Kota Makassar.

Dibawah komado Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Tello, Mesin PLTD Tello terus berusaha untuk memproduksi dan menyuplai listrik sesuai kebutuhan sistem agar pelanggan khususnya di Kota Makassar tetap terlayani dengan baik.

Untuk menjaga keandalan mesin dan mencegah kerusakan berat, maka PLN secara rutin melakukan pemeliharaan mesin. Sebagai informasi, Selasa (12/4) telah dilakukan Skir Valve Inlet dan Valve seat Mitsubishi Cylinder 18 Mitsubishi #2. Pemeliharaan korektif, dimana valve inlet dan seat valve tidak menutup sempurna yang mengakibatkan ada udara gas buang yang keluar melalui saluran intake manifold yg mengakibatkan tingginya temperatur Inlet Manifold. Manager Unit Layanan PLTD Tello Andi Arsyad mengatakan, mesin Mitsubishi #2 mengalami kendala saat beroperasi. “Pada saat mesin Mitsubishi #2 beroperasi timbul sedikit kendala sehingga kita harus dengan cepat melakukan pengecekan dan perbaikan sebagai salah satu bentuk menjaga keandalan sistem kelistrikan,” jelas Andi Arsyad. Andi Arsyad menambahkan, pekerjaan tersebut memerlukan waktu 1 hari apabila saat pelaksanaan tidak ada kendala yang lain. ULPLTD Tello mengupayakan melakukan perawatan mesin dengan memperhatikan efektifitas waktu agar mesin siap Kembali dalam keadaan stand by jika dibutuhkan untuk beroperasi. ( Humas Polri)

Editor : Abd Samad/Andi Eka/Andi A Effendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *