Bidang PAUD DIKMAS Adakan Kegiatan Sosialisasi PKBM.

Jeneponto, Beritakotaonline– Berdasarkan Undang undang (UU) nomor 20 tahun 2003 pasal 1 butir 10 yang menyatakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai salah satu satuan pendidikan NonFormal.

PKBM adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi dan budaya, dimana PKBM harus relevan dengan program yang bermakna dan bermanfaat. Program-program tersebut antara lain pendidikan kesetaraan paket (A,B dan C), pendidikan keaksaraan, pendidikan kewarganegaraan, kerumahtanggaan dll.

Tujuan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sendiri adalah memperluas kesempatan warga masyarakat khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental untuk mengembangkan diri dan mencari nafkah.

Memperhatikan kondisi diatas, maka Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan kabupaten Jeneponto Bidang PAUD DIKMAS mengadakan sosialisasi bagi pengelola PKBM agar mampu menghasilkan lulusan yang dapat bersaing.

Kepala Bidang PAUD DIKMAS Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan kabupaten Jeneponto Dra.Hj.Hurhayati.M.MM yang membuka kegiatan sosialisasi dalam arahannya mengatakan “Diharapkan peserta ( para penanggung jawab PKBM beserta tutor,red.)mampu meningkatkan kemampuan dalam mengelola PKBM dalam memahami pemenuhan standar kompetensi kelulusan, PKBM lebih tertib dalam mempersiapkan administrasi perangkat kurikulum, menciptakan tertib administrasi dalam pengelolaan organisasi, tertib pengelolaan keuangan agar nantinya tidak terjerat hukum dan pengelola dokumen hasil belajar dan ujian sekolah, meningkatkan pemahaman pengelola mengenai pengawasan pembelajaran dan program agar tujuannya jelas”. Sementara itu sesaat setelah kegiatan selesai kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Kasi DIKMAS) Saripuddin SE,MM menambahkan perlunya bagi para pengelola PKBM agar tertib administrasi untuk menghindari masalah hukum, melakukan pembelajaran sesuai juknis, kalau hal ini bisa dilakukan insaa Allah kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, ungkapnya.

Kegiatan ini dilakukan di Aula Hotel Sari dijalan Lanto dg.pasewang dan dihadiri para pengelola PKBM se kabupaten Jeneponto dan tutor masing-masing dan operator Ilyas S.Pd beserta para staf bidang PAUD DIKMAS.

Laporan : Suaib
Editor : Andi Eka/AA Rakhmansya/Andi A Effendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *