Pj Gubernur Sang Made Mahendra Tegaskan Bali Siap Sukseskan Pemilu 2024


Denpasar, Beritakota Online –Pj Gubernur Bali juga menambahkan meskipun saat ini situasi Bali kondusif, namun tetap harus mewaspadai berbagai permasalahan-permasalahan yang bisa timbul yang disebabkan oleh eskalasi politik yang meningkat, situasi harga kebutuhan pokok menjelang Imlek, Galungan-Kuningan, Nyepi serta bulan puasa hingga ancaman terhadap bencana alam dan ancaman gangguan kamtibmas. Untuk itu, sinergitas harus terus diperkuat, pengawasan dilakukan secara konsisten sehingga tidak ada celah terjadinya  pelanggaran dan konflik.
“Kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS juga harus kita bangun sehingga partisipasi pemilih meningkat dan tidak terjadi konflik yang dapat mengancam persatuan kesatuan,” tuturnya. Hal senada juga disampaikan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Harfendi SIP MSc dimana sukses dan lancarnya pelaksanaan Pemilu 2024 merupakan tugas dan tanggung jawab bersama. Secara umum situasi Bali yang saat ini kondusif diharapkan berlanjut ke depannya sehingga Pemilu berjalan dengan aman dan lancar. Dalam menjalankan tugas pengamanan Pemilu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan menyiagakan sekitar 3.401 personel.
Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan menyampaikan terdapat 3.269.516 pemilih yang tercatat memiliki hak pilih seluruh Bali dimana terdiri dari 1.617.276 pemilih pria dan 1.652.240 pemilih wanita. Untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdapat sebanyak 12.809 TPS yang tersebar di 9 kabupaten/kota, 57 kecamatan dan 716 desa.
Ditambahkannya, pihaknya secara terus menerus melakukan persiapan dan pengawasan baik terkait daftar pemilih, logistik hingga antisipasi terhadap potensi kerawanan digital serta antisipasi kecurangan peserta pemilu. Pihaknya juga berharap agar tingkat partisipasi pemilih meningkat tahun ini sesuai target, yaitu 83 persen. Untuk itu, ia meminta dukungan dan kerja sama seluruh stakeholder untuk terus melakukan sosialisasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024 untuk menggunakan hak pilihnya.
Rapat Koordinasi pada siang hari ini juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali Dr I Nyoman Sugawa Korry, Wakapolda Bali Brigjen Pol Dr I Gusti Kade Budhi Harryarsana SIK SH MHum, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Bali I Dewa Gede Wirajana SH MH, Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Putu Agus Tirta Suguna, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali serta jajaran Forkopimda lainnya.
Editor : Ronald AM Tambunan/
 Andi Eka/Andi A Effendy
Sumber : Humas Pemprov Bali/Nusaduabali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *