Pelanggan PLN di Kota Makassar Langsung Rasakan Manfaat Meteran Listrik AMI

*Pelanggan PLN di Kota Makassar Langsung Rasakan Manfaat Meteran Listrik AMI*

Makassar, Beritakota Online- PT PLN (Persero) mengembangkan penggunaan _smart meter_ Advanced Metering Infrastructure (AMI) sebagai inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Manfaat inovasi layanan kelistrikan tersebut langsung dirasakan oleh pelanggan dan terbukti membawa manfaat yang besar. Pelanggan dapat memantau penggunaan dan tagihan listrik secara akurat, sistem yang lebih aman dan pelayanan yang lebih cepat.

Akbar, warga Kelurahan Tamamaung Kota Makassar mengapresiasi upaya PLN dalam meningkatkan layanan dengan penggunaan meter AMI yang canggih. “Saya berminat menggunakan meteran AMI ini karena canggih dan gratis saat penggantian,” ujar Akbar.

 

Menurutnya apabila terjadi gangguan, penanganan oleh petugas PLN dapat lebih cepat. “Terima kasih kepada PLN atas penggantian meter yang canggih ini dan semoga masyarakat lain dapat turut merasakan manfaat positif meteran AMi ini,” ungkap Akbar.

 

Hal senada juga diungkapkan Lukman warga Kota Makassar. Dirinya mengatakan dengan meteran AMI, penggunaan listrik dapat dipantau kapan saja dan lebih akurat. “Privasi kami juga lebih terjaga karena petugas tidak perlu lagi datang ke rumah untuk mencatat meter. Kadang saya juga kasihan sama petugasnya karena kalau saya tidak ada di rumah, petugas (PLN) bolak-balik datang ke rumah untuk memastikan meterannya tercatat,” kata Lukman.

 

Lukman berharap dengan hadirnya meteran AMI ini juga segala bentuk gangguan dan keluhan pelanggan dapat tertangani lebih cepat.

 

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan implementasi _smart meter_ Advanced Metering Infrastructure (AMI) ini akan membuat kenyamanan pelanggan semakin meningkat. AMI sendiri merupakan alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah untuk penyediaan informasi yang komprehensif. “AMI dapat memudahkan baik PLN maupun pelanggan untuk bisa mengetahui profil beban sekaligus tagihan listrik berjalan secara _realtime_,” ungkap Andy.

 

Selain itu ujar Andy, melalui penggunaan _smart meter_ AMI, pembacaan meter yang sebelumnya dilakukan secara manual _(door to door)_ oleh petugas, kini bisa dilakukan secara digital, sehingga lebih akurat serta privasi pelanggan akan lebih terjaga.

 

“Penerapan _smart meter_ AMI ini membawa banyak manfaat. Pembacaan data meter secara _real time_ dan dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak diperlukan lagi pembacaan meter ke lokasi,” papar Andy.

 

Andy mencatat, PLN UID Sulselrabar menerjunkan 210 petugas khusus yang akan memasang 55.501 _smart meter_ AMI yang tersebar di Kota Makassar. rumah pelanggan dan akan ditargetkan rampung di akhir tahun 2023. “Kami optimis manfaat positif dari pembaruan kWh meter menjadi _smart meter_ AMI dapat dirasakan oleh pelanggan. Program ini gratis dan pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya,” jelas Andy.

Editor : Andi Eka/Andi A Effendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *