Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Instruksikan Kantor Pertanahan untuk Sigap Lakukan Penyelamatan Arsip Tanah Akibat Banjir

Bekasi, Beritakota Online-Memasuki awal tahun 2020 di bulan Januari ini, kondisi cuaca telah memasuki musim hujan dan sejumlah daerah di Indonesia terkena dampaknya berupa banjir, salah satu daerah yang terkena dampak, yaitu Kota Bekasi. Melihat kondisi tersebut Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra didampingi Yusuf Purnama Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Bekasi Deni Ahmad Hidayat lakukan kunjungan kerja ke Kantor Pertanahan Kota Bekasi pada Kamis (2/1/2020).

Agenda kunjungan kerjanya kali ini sebagai sebuah momentum untuk mendapat perhatian baik bagi Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Pusat terhadap sarana dan prasarana pelayanan masyarakat dalam hal ini Kantor Pertanahan Kota Bekasi. Mengingat banyak masyarakat yang arsipnya, termasuk sertipikat hak atas tanah, rusak akibat banjir, jadi Kantor Pertanahan diminta untuk sigap menerima masyarakat yang ingin memperbaiki arsipnya.

Bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kantor Pertanahan Kota Bekasi akan melakukan penyelamatan arsip tanah di Kota Bekasi. Tim yang dibentuk akan terjun langsung ke lapangan untuk membantu penyelamatan arsip masyarakat.

“Momentum banjir ini juga dapat medorong perubahan di tingkat sistem, perlu dipikirkan bersama terhadap sistem mitigasi bencana di kantor pertanahan kabupaten/kota atau kantor wilayah BPN provinsi, terutama dalam menyelamatkan warkah-warkah (alas hak, bukti kepemilikan) dan arsip-arsip pertanahan lainnya. Hilangnya warkah tanah masyarakat akan menyebabkan ketidakpastian kepemilikan lahan, ke depan dapat memicu terjadinya konflik dan sengketa pertanahan,” ungkap Surya Tjandra.

Selain itu, Surya Tjandra mengatakan petugas arsip pertanahan tidak hanya diisi dengan orang-orang yang pintar, tapi juga dapat bertanggungjawab dan punya integritas sehingga bisa cepat tanggap dalam menangani berbagai situasi yang tiba-tiba saja terjadi.

Kunjungan kerja Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN yang dilakukan ke beberapa daerah, selain untuk bertemu dengan jajaran di Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan pertanahan juga untuk melihat kondisi di kantor pertanahan juga sebagai upaya untuk mendengarkan masukan, diskusi dan kisah perjuangan jajaran Kantor Pertanahan dalam melaksanakan tugas pengabdiannya pada negara. (**)

Editor : Hilal/Umat/Kanisius/Andi A Effendy
Sumber : Humas kementerian ATRBPN RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *