Tipikor Ditkrimsus Polda Sulsel Segera Tetapkan Tersangka Kasus PAUD Bone

Makassar, Beritakota Online – Unit Penyidik ​​Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel terus menggenjot penyidikan bantuan keamanan proyek pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bone, Sulsel. Dalam waktu dekat, Polisi segera memberikan gelar perkara untuk penetapan tersangka.

“Untuk kasus dugaan korupsi PAUD Bone, kami saat ini sedang menyiapkan gelar perkara untuk penetapan tersangka,” tegas Kasubdit III, Ditkrimsus Polda Sulsel, Kompol Yudha Wirajati kepada wartawan, Sabtu 5 Oktober 2019.

Yuda membeberkan pihaknya terus melakukan pendalaman terkait hasil pemeriksaan saksi dan juga barang bukti (BB) penyitaan hasil penggeledahan di beberapa lokasi termasuk di rumah jabatan (Rujab) Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, dari hasil pendalaman ini dilakukan gelar perkara untuk menentukan siapa dibalik yang melakukan korupsi dana PAUD Bone itu.

“Untuk waktu gelar perkaranya? Ya aktifnya lah. Nanti di info lebih lanjut,” tutup Yudha.

Sebelumnya, Unit Tipikor Polda Sulsel bersama Polres Bone melakukan penggeledahan di beberapa lokasi, seperti, di Kantor Bidan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Bone, Kantor Dinas Keuangan Bone, dan termasuk di Rujab Wakil Bupati Bone.

Penggeledahan ini merupakan bagian dari proses pendidikan dugaan korupsi bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bone, Sulsel, yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp 4 Milyar.

Kapolres Bone, AKBP Kadarislam mengatakan bahwa akan segera disetujui tersangka kasus dugaan korupsi bantuan operasional PAUD tersebut. Membantu, Unit Tipikor Polda Sulsel terjun langsung membantu Polres Bone dalam melakukan penggeledahan.

“Maka salah satu upaya untuk menentukan tersangka adalah salah satunya penggeledahan dan cadangan oleh Polda. Untuk hasil, saya belum tahu karena saya masih di Makassar , sebelumnya ada kegiatan di Polda,” jelas Kapolres Bone seperti diberitakan Tagar.id

Polres Bone tengah mengusut dugaan korupsi pengadaan buku di TK pada dua tahun terakhir itu. Yaitu, anggaran untuk tahun 2017 sekira Rp 13 Miliar dan untuk tahun 2018 meminta sekira Rp 14 Miliar.

Kasus dugaan korupsi pengadaan buku ini menyeret nama istri Wakil Bupati Bone, Erniati yang saat ini disetujui sebagai Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Dikmas di Dinas Pendidikan Pemkab Bone. Mewakili istri Wakil Bupati Bone, Erniati telah melakukan pemeriksaan beberapa waktu yang lalu bersama dengan berbagai perwakilan lainnya.

“Lebih dari 500 orang sudah siap, salah satunya ibu Wabup Bone” tutup Kadarislam.

Editor: H.Sakkar/Andi A Effendy
Sumber: Tagar.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *