Raih Dua Penghargaan, Transformasi dan Inovasi PLN Dinilai Berdampak ke Masyarakat

 

Jakarta, Beritakota Online – PT PLN (Persero) berhasil meraih dua penghargaan atas upaya perseroan melakukan transformasi berbasis digital dan inovasi yang berdampak luas kepada masyarakat. Dalam ajang Merdeka Award 2023, PLN menerima penghargaan kategori Reformasi Birokrasi dan Program Inovatif untuk Negeri yang diadakan di Jakarta, Rabu (30/8).

Pemimpin Redaksi Merdeka.com, Darojatun mengatakan, penghargaan kepada PLN diberikan karena keberhasilan perseroan melakukan gebrakan inspiratif dan inovatif. Menurutnya, penentuan penerima penghargaan setelah memenuhi beberapa penilaian kriteria dan parameter.

“Ini ajang penghargaan kepada para tokoh yang inspiratif dan figur atas langkah yang dilakukannya melalui gebrakan yang inspiratif dan inovatif, serta tepat sasaran tanpa ada banyak wacana yang menguras energi, waktu serta biaya,” ujar Darojatun.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengatakan, inovasi memegang peranan penting untuk mengoptimalkan ekonomi. Karena itu, inovasi harus terintegrasi dalam budaya keseharian masyarakat Indonesia.

“Kita menyaksikan bagaimana beragam inovasi terlahir dari tangan tangan kreatif bangsa ini mulai dari individu, komunitas, pengusaha, hingga lapisan pemerintahan. Semua berkontribusi menghadirkan gagasan yang cerdas demi kepentingan bersama, gagasan itu yang muncul dari kepedulian terhadap kepentingan publik,” ujar Teten.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, selama tiga tahun terakhir PLN fokus melakukan inovasi dan transformasi perusahaan secara masif. Transformasi ini meliputi digitalisasi di berbagai aspek bisnis perusahaan mulai dari pembangkit, transmisi, keuangan, hingga merambah pada pelayanan pelanggan melalui _Super App_ PLN Mobile.

“Melalui transformasi berbasis digital ini, kami mengubah kultur organisasi dari _bureaucratic-like_ menjadi _business-like_, mengubah sistem pelayanan pelanggan yang sebelumnya lambat, tidak responsif menjadi cepat dan sangat memuaskan. Dulu untuk membayar listrik harus datang ke PPOB (_payment point online banking_), banyak calo, kalau mau melaporkan gangguan juga sulit, sekarang semua bisa dilayani dengan mudah lewat PLN Mobile mulai dari pasang baru, tambah daya, sampai lapor gangguan,” kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, melalui PLN Mobile, sistem pelayanan pelanggan menjadi semakin mudah, cepat dan terintegrasi. Berbagai fitur mulai dari layanan pasang baru, tambah daya, pembayaran listrik hingga _marketplace_.

“Semua permasalahan terkait dengan kelistrikan hingga membeli kendaraan listrik sudah bisa dilakukan di PLN Mobile. PLN juga mendukung UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan fitur _marketplace_ yang memungkinkan pelanggan membeli produk UMKM pada PLN Mobile,” ujarnya.

Tercatat sampai dengan saat ini telah terdaftar sebanyak 4.563 UMKM dengan jumlah transaksi periode 1 Januari – 30 Agustus 2023 sebanyak 246.754 transaksi dengan nominal lebih dari Rp 29 miliar.

Sedangkan untuk kategori Program Inovatif Untuk Negeri, PLN mendapat penghargaan melalui program Electrifying Agriculture. Program ini mampu memberikan manfaat yang besar para pengusaha di sektor agrikultur.

“PLN menghadirkan program Electrifying Agriculture sebagai solusi untuk para pengusaha di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Penggunaan listrik pada sektor agrikultur tersebut mampu meningkatkan efisiensi dan peningkatan produktivitas. Upaya ini juga sebagai bentuk dukungan PLN dalam menjaga ketahanan pangan nasional melalui energi berbasis domestik yang lebih murah,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, PLN juga menghadirkan program _electrifying marine_ untuk memudahkan para pelaku usaha di sektor maritim atau kelautan mengakses listrik untuk meningkatkan produktivitas.

“Program ekstensifikasi ini tidak hanya berhasil mengubah gaya hidup dari konvensional menjadi modern berbasis listrik yang jauh lebih efisien dan produktif, namun juga ramah lingkungan,” imbuhnya.

Karena itu, Darmawan menyebut penghargaan yang diterima ini adalah hasil dari kerja keras seluruh insan PLN yang mengedepankan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini bentuk pengakuan dan apresiasi untuk seluruh insan PLN yang sudah bekerja _all out_ dan sangat kompak untuk membawa PLN menjadi perusahaan energi masa depan. Ini menjadi dorongan kami untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” pungkas Darmawan.

Editor : Andi Eka/Andi A Effendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *