Mudik Lebaran 2023 Berjalan Lancar, Ternyata Ini Upaya yang Dilakukan Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta

Mudik Lebaran 2023 Berjalan Lancar, Ternyata Ini Upaya yang Dilakukan Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta

Banten, Bandara Soekarno Hatta, Beritakota Online – Walau ada peningkatan yang signifikan setelah berakhirnya masa pandemi COVID 19, Mudik Lebaran 2023 berjalan dengan lancar berkat berbagai upaya yang telah dilakukan aparat kepolisian yang bekeria sama dengan instansi terkait lainnya.

Kelancaran Mudik Lebaran 2023 juga terjadi di Bandara Soekarno Hatta. Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq mengungkapkan apa saja yang telah dilakukan pihaknya untuk mencapai hal itu selama Operasi Ketupat Jaya 2023.

“Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta bekerja sesuai data estimasi pergerakan kendaraan, pesawat, dan jumlah penumpang sehingga dapat diprediksi lebih awal, per tiga jam, terkait potensi kepadatan penumpang yang akan berangkat maupun yang akan mendarat,” kata Kompol Bambang AS saat memberikan keterangan pada hari Sabtu 29 April 2023.

Dari data tersebut, petugas di lapangan dapat melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan terutama di jam-jam padat penumpang.

Sebagai contoh, jelas Kompol Bambang AS, di Terminal 3 Keberangkatan, Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta melakukan upaya kanalisasi arus lalu lintas dengan membuka water barrier untuk bus agar tidak melalui akses keberangkatan atas, tetapi dialihkan ke arah bawah kedatangan sehingga tidak terjadi penyendatan di areal keberangkatan.

“Mengingat satu bus panjangnya 12 meter, apabila lima bus menumpuk di atas, maka akan menutup akses dropzone di sepanjang area keberangkatan,” jelasnya.

Di Gate 1 Terminal 3 Keberangkatan juga dibuat kanalisasi dengan membuka water barrier sehingga kendaraan crew Garuda dapat melewati akses tersebut utk kelancaran arus lali lintas dan tidak mengganggu pengguna jasa Bandara lainnya.

“Selama Operasi Ketupat, Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta memastikan ketersediaan kantong parkir yang menjadi titik krusial kemacetan di setiap wilayah,” imbuh Kompol Bambang AS.

Terkait masalah parkir ini, sejak pra Operasi Ketupat, Satlantas telah melakukan join survey bersama pengelola Angkasa Pura II memastikan bahwa kantong parkir dapat menampung semua kendaraan di masing masing Terminal.

Adapun hasil pengecekan langsung yang dilakukan adalah sebagai berikut:

– Terminal 1

Kapasitas parkir mobil: 2.317 kendaraan

Kapasitas parkir motor: 4.851 kendaraan

Pintu masuk mobil 8 akses dan motor 3 akses.

Pintu keluar mobil 9 akses dan motor 3 akses.

– Terminal 2

Kapasitas parkir mobil: 1.657 kendaraan

Kapasitas parkir motor: 1.358 kendaraan

Pintu masuk mobil 9 akses dan motor 2 akses.

Pintu keluar mobil 10 akses dan motor 2 akses.

– Terminal 3

> Domestik

Kapasitas Parkir mobil: 1.288 kendaraan

Pintu masuk mobil 5 akses

Pintu keluar mobil 5 akses

> Internasional

Kapasitas Parkir mobil: 1.401 kendaraan

Kapasitas parkir motor: 1.078 kendaraan

Pintu masuk mobil: 5

Pintu masuk bus: 1

Pintu keluar mobil: 8

Pintu keluar bus: 1

Pos masuk motor: 3

Pos keluar motor: 3

Selain itu, Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta juga melakukan amplifikasi kepada masyarakat agar beralih menggunakan transportasi publik seperti Kereta Api Bandara Soekarno Hatta dan Bus Damri serta angkutan umum lainnya.

“Agar kalau ke Bandara Soekarno Hatta tidak menggunakan kendaraan pribadi yang akan menambah potensi kemacetan di jalan,” terang Kompol Bambang AS.

Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta juga menambah Pos Pemantauan di Areal Kedatangan Terminal 2 dan Terminal 3 di Musim Arus Balik berkolaborasi dgn Operator AP II, POM TNI, AVSEC, serta Security Internal untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan penjemput yang dimungkinkan tidak mau masuk ke areal parkir tetapi masuk ke jalur 1 untuk previleige orang tertentu agar terlihat lebih di masyarakat lainnya.

Sementara itu, untuk mendapatkan legitimasi masyarakat terkait dengan kelancaran arus lalu lintas selama operasi arus mudik dan balik Lebaran 2023, Satlantas Bandara Soekarno Hatta juga membuat formulir penilaian yang dapat diisi masyarakat dalam bentuk Google Form.

“Sehingga legitimasi masyarakat betul-betul menjadi hal utama atas kinerja Satlantas Polresta Bandara Soetta,” kata Kompol Bambang AS.

Tak hanya itu, jajaran Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta juga melakukan live report bekerja sama dengan radio Elshinta 90 FM dan Sonora 92 FM sebagai upaya nyata mereduksi pemahaman masyarakat terhadap arus lalu lintas di Bandara Soekarno Hatta.

Di pos pelayanan, Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bekerja sama dengan Jasa Rahardja dan Angkasa Pura II agar kesiapan fisik pengendara angkutan umum tetap terjaga, bukan hanya kesehatan mesinnya.

“Berbicara masalah lalu lintas, bukan hanya dengan mengurai kemacetan, tetapi yang terpenting adalah mencegah agar tidak terjadi kemacetan, dan itu adalah bukan hanya tugas Polri semata, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari semua elemen masyarakat agar tercipta Kamseltibcar Lantas khususnya di wilayah Bandara Soekarno Hatta,” tutup Kompol Bambang AS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *