Pasca Aksi Demo di Patung Kuda, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin : Kapolsek Gambir Rango Siregar Keadaan Sudah Berangsur Pulih.

Jakarta, Beritakota Online-Aksi demonstrasi mahasiswa yang tergabung dalam BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Zona 2 di Patung Kuda, Jakarta Pusat, kemarin berakhir ricuh.

Kapolsek Gambir Kompol Rango Siregar sempat terinjak-injak massa aksi.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan Kapolsek Gambir Rango Siregar sudah berangsur pulih.

Dia menyebut sejumlah anggota lainnya juga terluka dalam aksi kemarin.

“Alhamdulillah sudah berangsur pulih, hanya satu yang saat ini memang harus mendapatkan tindakan lebih lanjut menunggu hasil rontgen,” kata Komarudin di kawasan Monas, Sabtu (21/5/2022), seperti dikutif dari detikcom.

Dia menyayangkan demo itu berakhir ricuh.

Dia mengatakan demo tersebut seharusnya berlangsung tertib hingga massa membubarkan diri.

“Kami sangat menyayangkan ya pelaksanaan aksi di demo yang kemarin dilaksanakan di Patung Kuda di mana aksi yang semula berjalan dengan damai, lancar, tiba-tiba disusupi oleh kelompok-kelompok yang justru memprovokasi memaksakan kehendak menabrak barisan petugas yang membatasi, antara ruang gerak masyarakat umum dengan aksi,” katanya.

“Mereka coba menabrak personel kami yang membatasi sehingga di sanalah terjadi gesekan tiga orang anggota kami harus menjalani pengobatan,” lanjutnya.

Sebelumnya, polisi mengamankan 26 orang setelah demonstrasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus-kampus Muhammadiyah yang digelar di Monas, Jakarta, diwarnai kericuhan.

Polisi mengungkap ada massa bukan berstatus mahasiswa yang turut diamankan.

“Kita amankan berikut korlap dan massa yang kita temukan ada massa nonmahasiswa sejumlah 26 orang, kita amankan untuk kita ambil keterangannya,” kata Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto di Patung Kuda, Jumat (20/5).

Setyo mengatakan massa nonmahasiswa datang ke lokasi menggunakan satu mikrolet.

Mereka datang saat demonstrasi dari BEM kampus-kampus Muhammadiyah berlangsung di tengah guyuran hujan.
(Detik.com).

Editor : Andi Eka/Andi A Effendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *