Puluhan Dikmaba TNI AD Asal Rindam XIV/Hasanuddin Ikuti Pendidikan dan Pelatihan di SPN Batua

Makassar, Beritakota Online- Dalam rangka membangun kampus kebangsaan, Kodam XIV/Hasanuddin mengikutkan peserta didik Dikmaba TNI AD asal Rindam XIV/Hasanuddin untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua Polda Sulsel, Jl. Urip Sumoharjo Makassar. Senin, (13/12/2021).

Upacara pembukaan pendidikan dan latihan ini merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan Diklat integrasi TNI-Polri dalam bentuk latihan kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI AD dan peserta didik Diktukba Polri yang dilaksanakan selama 5 hari di seluruh satuan pendidikan (satdik) Polri dan di 14 lembaga pendidikan TNI AD.

Di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin sendiri, sebanyak 35 peserta didik Dikmaba TNI AD dididik di SPN Batua Polda Sulsel dan 35 dididik di SPN Polda Sultra, sedangkan dari Polri mengirimkan 70 peserta didik Diktukba Polri bergabung di Rindam XIV/Hasanuddin Pakatto Kab. Gowa.

Inspektur Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD (Ir Kodiklatad) Mayjen TNI Gabriel Lema selaku Inspektur Upacara dalam membacakan amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si mengatakan bahwa kegiatan Diklat integrasi TNI-Polri ini merupakan implementasi tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara TNI AD dan Polri nomor : PKS/29/2021 dan nomor : PKS/39/IX/2021 tanggal 15 September 2021 tentang penyelenggaraan kegiatan terintegrasi pada pendidikan pembentukan/pendidikan pertama, pendidikan pengembangan/pendidikan pembentukan Perwira dan pendidikan pengembangan umum.

“Sebagai tindak lanjutnya upaya peningkatan kerjasama dan kolaborasi yang baik dapat diwujudkan dengan melaksanakan integrasi pendidikan di semua tingkat pendidikan TNI-Polri, pelatihan sinergitas yang dilaksanakan menitikberatkan pada keterampilan perorangan dalam berkomunikasi, memotivasi diri, kemampuan memecahkan permasalahan, kerjasama tim, dan kepemimpinan yang memiliki jiwa samapta,” jelasnya.

“Untuk mendapatkan keterampilan perorangan perlu dilaksanakan pelatihan sinergitas sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan terbangunnya rasa kebersamaan dan esprit de corps antara peserta didik Dikmaba TNI AD dan Diktuk Bintara Polri yang meliputi penanaman dan sikap tata nilai jiwa sinergitas, pengetahuan pendukung dan implementasi nilai-nilai sinergitas,” sambungnya.

“Kegiatan ini diharapkan mampu menguatkan sinergitas antara TNI-Polri sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional. Selain itu Diklat ini dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta didik Dikmaba TNI AD maupun peserta didik Diktukba Polri sehingga terjalin silaturahmi dan sinergitas antara TNI AD dan Polri yang dimulai dari lembaga pendidikan sampai nantinya bertugas di satuan masing-masing,” terangnya.

Turut hadir Widya Iswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Dr. M. Adnas, M.Si, Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Ganda Simatupang, S.E, dan Kepala SPN Batua Polda Sulsel Kombes Pol Joko Pitoyo.
(Pendam Hasanuddin)

Editor : Andi Eka/Syamsul Bakri/AA Rakhmansya/Saiful Dg Ngemba/Andi A Effendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *