Walau Diguyur Hujan, Klub Jantung Sehat Manggala Latihan Perdana Senam Jantung Sehat

Makassar, Beritakota Online-Telah hadir di tengah-tengah masyarakat Kecamatan Manggala Kota Makassar, Klub Jantung Sehat Manggala, yang melakukan latihan perdana senam Jantung Sehat pada Minggu 12 Desember 2021, latihan dilakukan di Jalan Perumnas Antang Raya (Pintu gerbang Perumnas Antang) yang meskipun dalam guyuran hujan tidak melunturkan semangat untuk tetap melaksanakan latihan.

Klub Jantung Sehat Manggala, yang melakukan latihan perdana senam Jantung Sehat pada Minggu 12 Desember 2021, latihan dilakukan di Jalan Perumnas Antang Raya (Pintu gerbang Perumnas Antang ( Foto : Kanis )

Klub Jantung Sehat (KJS) adalah salah satu program Yayasan Jantung Indonesia bertujuan memberi motivasi masyarakat agar hidup lebih sehat dengan pengetahuan pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui olahraga yang teratur dan terukur.

Selain memiliki program preventif, kuratif dan rehabilitatif, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sulawesi Selatan yang memayungi Klub Jantung Sehat Manggala juga memiliki program promotif yaitu kegiatan penyuluhan kepada masyarakat luas dalam meningkatkan promosi kesehatan jantung melalui berbagai media. Demikian penjelasan Mashud Azikin, Sekretaris Klub Jantung Sehat Manggala disela-sela latihan Senam Jantung Sehat , dibawah arahan instruktur senior H. Rahman Limpo .

Selain KJS, Yayasan Jantung Indonesia juga membentuk KJS khusus rehabilitasi untuk memberikan pelatihan fisik pada pasien pasca operasi jantung sebelum bisa kembali berolahraga seperti biasa atau bergabung dengan KJS yang berada di masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, pada 28 Oktober 2007 YJI membentuk KJS Remaja atau disebut dengan KJR (Klub Jantung Remaja) yang bertujuan untuk menciptakan remaja sehat dan produktif juga sebagai agen perubahan juga influencer gaya hidup sehat yang informatif pada kesehatan jantung bagi remaja.

Di awal berdirinya , KJS Manggala telah memiliki anggota berjumlah lebih kurang 100 orang yang berasal dari 8 (delapan) kelurahan di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Kedepannya, seiring perjalanan waktu nantinya KJS Manggala akan membentuk KJS Remaja atau disebut dengan KJR (Klub Jantung Remaja) yang bertujuan untuk menciptakan remaja sehat dan produktif juga sebagai agen perubahan juga influencer gaya hidup sehat yang informatif pada kesehatan jantung bagi remaja. Kata Hasmiati Hanafi,SE,MM yang didapuk sebagai Ketua Klub Jantung Sehat Manggala.

Usai latihan Pengurus Klub Jantung Sehat Manggala melakukan Rapat Pengurus dengan agenda membentuk Panitia pelaksana Pelantikan Pengurus Klub Jantung Sehat Manggala yang direncanakan dilaksanakan pada awal Januari tahun 2022, tahun depan. “Kami sangat mengharapkan kiranya masyarakat Kecamatan Manggala, dapat berpartisipasi dengan bergabung di dalam Klub jantung Sehat ini, guna mensukseskan visi dan misi mulia berdirinya Yayasan Jantung Indonesia yang telah memasuki usia 40 tahun, yaitu memastikan sebanyak mungkin jantung tetap sehat berdetak, dengan tetap melibatkan pemerintah dan masyarakat dari berbagai kalangan, untuk satu tujuan: Jantung Sehat di seluruh penjuru Indonesia”. Kunci Mashud Azikin menutup uraiannya.

Laporan : Kanis Kanisius
Editor : Andi Eka/AA Rakhmansya/Saiful Dg Ngemba/ Muh Iwan D/Andi A Effendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *