Bupati Kolaka Utara Apresiasi KMP New Rose Dapat Memberikan Pelayanan Transportasi Cepat Untuk Masyarakat Di Kolaka Utara

0
6

Kolaka Utara, Beritakota Online-Minggu (23/2) yang lalu akhirnya KMP.New Rose berlayar secara resmi di teluk bone dengan rute penyeberangan Pelabuhan Katoi-Pelabuhan Siwa, pelayaran perdana tersebut diresmikan oleh Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman Umar.

Bupati menyampaikan bahwa, penambahan armada di pelabuhan Katoi merupakan upaya pemerintah daerah Kolaka Utara untuk memberikan pelayanan transportasi yang cepat untuk masyarakat.

“Dengan berlayarnya KMP.New rose akan menjawab kebutuhan-kebutuhan kita dalam transportasi laut dari Kolaka Utara ke tempat tujuan,”Katanya.

Lebih lanjut Bupati menuturkan bahwa KMP. New Rose adalah kapal baru, berbeda dengan dua kapal sebelumnya yang merupakan kapal bekas, dan fasiltas di kapal tersebut sangat nyaman dan memilki kualitas berbeda dengan kapal sebelumnya.

“kami ingin masyarakat Kolaka Utara juga menikmati Kapal baru dan merasakan betapa nyamannya, fasilitas juga nyaman kurang lebih seperti kapal pesiar, semuanya fasilitas sangat nyaman,”katanya.

Bupati menambahkan bahwa desain maupun aksesoris dalam kapal tersebut dirinya ikut andil untuk penataan tata letak ruagan dan mendiskusikan bersama pihak kapal PT.Afta mandiri, pasalnya dirinya menginginkan armada tersebut bisa dinikmati para pengguna jasa peneyebrangan Tobaku Katoi-Siwa.

Sementara itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Ir.Junus bahwa Jumlah penumpang setiap tahunnya terus bertambah, sehingga pemerintah menambah armada sehingga mampu melayani dengan maksimal.

Pelabuhan Tobaku Desa Katoi memiliki keunggulan tersendiri, sehingga banyak diminati penumpang dari daerah tetangga. Sebelumnya sekitar 600 penumpang setiap hari dilayani serta 50 unit kendaraan roda empat,namun dengan adanya penambahan armada maka pelabuhan Katoi siap melayani hingga 1000 penumpang dan 110 kendaraan roda Empat.

“Meningkatnya Jumlah penumpang di pelabuhan penyebrangan Katoi salah satu waktu tempuh yang sangat singkat, hanya membutuhkan Tiga jam waktu pelayaran dengan jarak tempuh 34 Mil,”Ujarnya.

Spesifikasi kapal kata Junus, jenis kapal Pasangger Roro Cargo Panjang kapal 60,19 meter, panjang antara garis tegak air 51,5 meter, lebar kapal 15 meter, dalam 3,8 meter, draft kapal 2,7 meter, “Kapasitas penumpang 404 orang, kapasitas untuk mobil 16 unit, dan mampu memuat 7 unit container, mesin pembangkit menggunakan jenis yanmar 2X1100 HP,dibantu mesin pembantu kecepatan maksimun 13 knot, normal 10 knot,ekonomis 10, 5 knot,”katanya.

Harga Tiket KMP.New Rose penumpang Dewasa Rp.45.050, ViP Rp.61.000, Anak-anak Rp.27.800 dan ViP Rp.44.600.

Jadwal Penyebrangan kapal pelabuhan Katoi-Siwa KMP.New Rose pukul 08.00 Wita, KMP. New Camalia Puku 13.00 Wita dan KMP. Merak 16.00 Wita.

Editor : Muh Amir D/Andi A Effendy
Sumber : Humas Pemkab Kolut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here