Kunker di Pulau Marotai, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Wilayah Perbatasanll

Maluku Utara, Beritakota Online-Kunjungan Kerja Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Aziz. Msi. dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. S. I. P di Kab. Pulau Morotai dalam Rangka meninjau Wilayah Perbatasan, Kamis (16/1/2020)

Tiba di Bandara Pitu Morotai, Desa Wawama, Kec. Morotai Selatan, Prov. Maluku Utara, Kapolri dan rombongan disambut oleh H. Abd. Gani Kasuba (Gubernur Malut), Benny Laos (Bupati Pulau Morotai), Brigjen TNI Dudy Fristiyanto, S.A.P., M.A.P. (Kabinda Malut), Brigjen Pol Suroto (Kapolda Malut), Laksda I.N.G. Ariawan (Pangkoarmada III), Marsma TNI Andyawan Martono (Pangkopsau III), Mayjen TNI Marga Taufik (Pangdam XVI/Pattimura), jajaran personel TNI-Polri dan Forkopimda Morotai.

Kapolri dan Panglima TNI bersama rombongan menerima acara penyambutan oleh Bupati Pulau Morotai dengan Tarian Borero serta pengalungan Syal.

Setelah acara penyambutan Kapolri dan Panglima TNI bersama rombongan menuju Base Ops Lanud untuk menerima paparan dari Danlanud Leo Wattimena kemudian dilanjutkan makan siang.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufik mengatakan, Wilayah Kodam XVI/Pattimura meliputi 2 provinsi yaitu Maluku dan Maluku Utara, terdapat beberapa wilayah rencana pengembanhan pangkalan militer diantaranya berada di sebelah timur dari utara ke selatan saat ini sementara dibentuk 2 batalyon komposit, komposit berada di utara dan tahun ini sudah mulai pembangunan dan satu batalyon komposit lagi berada di selatan.

“Saat ini juga pengembangan gelar kekuatan khususnya satuan teritorial, saat ini kita masih mempunyai 10 kodim dan akan dikembangkan lagi menjadi 21 di provinsi Maluku dan provinsi Maluku Utara,” kata Mayjen TNI Marga Taufik.

“Lantamal 9 Ambon dan kepulauan Ternate dan kemudian guspurla yang merupakan jajaran dari Armada 3 itu berada di Ambon, kemudian Pattimura dan Lanud Dumatubun yang di laksanakan oleh Kodam XVI/Pattimura meliputi dua batalyon dari satuan penguji dari satgas negara dari Pattimura dan juga berada di selatan,” jelas Mayjen TNI Marga Taufik.

“Atas nama seluruh prajurit TNI dan Polri saya menyampaikan terima kasih kepada bapak Panglima TNI dan bapak Kapolri yang kami tahu bapak dapat meluangkan waktu untuk bertatap muka dengan para prajurit TNI-Polri yang berada di ujung utara dari wilayah NKRI ini dan tentunya kunjungan bapak wilayah sangat memberikan motivasi dalam melaksanakan tugas,” tutup Mayjen TNI Marga Taufik.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengatakan, Pilkada di Papua dan Maluku Utara agar terkait urusan netralitas dari aparat harus dijaga secara baik, anggota harus netral dalam pelaksanaan Pilkada.

“Adapun kunker yang kami lakukan bersamaan dengan Panglima TNI untuk menunjukkan soliditas antara TNI-Polri,” imbuhnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi serta loyalitas dan sinergitas yang telah di tampilkan oleh jajaran Kodam XVI/Pattimura, Polda Maluku dan Polda Maluku Utara, marilah terus membangun kebersamaan ini karena di pundak kalian dan di pundak kita semua negara menaruh harapan untuk berlangsungnya NKRI,” ucap Kapolri.

“Kepada para personel Polda Maluku Utara di dalam persiapan pengamanan Pilkada agar siapkan dengan baik karena perencanaan yang baik telah menghasilkan 50% pekerjaan,” tandasnya.

“Saya tidak mau mendengar pada saat Pilkada di antara anggota Polri tidak netral dalam pelaksanaan pengamanan, saya menghimbau supaya rekan-rekan melaksanakan perintah tersebut, oleh karena itu kita harus mampu mengawal pelaksanaan Pilkada dengan aman,” jelas Kapolri.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, Kunker ini dilakukan dalam rangka melakukan peninjauan terhadap situasi keaamanan wilayah dimana Pulau Morotai merupakan salah satu wilayah perbatasan RI.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mendukung tugas dan fungsi TNI-Polri dalam menjaga stabilitas keamanan maka hal utama yang perlu dibenahi yakni harus kita tingkatkan solidaritas antara TNI-Polri tersebut,”ungkapnya.

“Dapat dilihat pada Tahun 2019 dimana kita TNI-Polri mampu mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak, maka dari itu pada Tahun 2020 ini kita harus mensukseskan jalannya Pilkada serentak seperti pada tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

“Kiita pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dengan begitu dapat menunjukkan bahwa dengan peran yang kita miliki dapat memberikan dampak positif bagi pemerintah,” ucap Panglima TNI.

“Saya mengharapkan agar seluruh personel TNI-Polri untuk menjaga stabilitas keamanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak nantinya,” harapnya.

“Yang tidak kalah penting dari wilayah timur adalah adanya event PON 2020 di Papua, kita harus menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Papua supaya kegiatan event nasional tersebut dapat terlaksana dengan baik,”tambahnya.

“Saat ini kita persiapkan di Tahun 2020, karena diperkirakan kita juga akan mendapatkan cobaan yang besar dari adanya kerawanan bencana alam,” jelas Panglima TNI

Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan selanjutnya melaksanakan peninjauan ke Museum Trikora, Desa Wawama, Kec. Morotai Selatan, dilanjutkan peninjauan ke SKPT di Desa Daeo, Kec. Morotai Selatan.( **)

Editor : Hilal/Saiful Dg Ngemba/Asrat Tella/Kanisius/Andi A Effendy
Sumber : Kabar Polisi/Humas Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *