Surabaya, Beritakota Online-Cuitan Netizen dalam Grub Facebook Seputar Surabaya, akun Video Maston di unggah pada, Selasa (31/12/2019) sekitar pukul 12.08 WIB lalu, tentang kekecewaan petugas SIM Corner di Tunjungan Plaza Surabaya mendapatkan respon Polrestabes Surabaya, Kamis (2/1/2020).
AKBP Teddy Candra yang resmi menjabat sebagai Kasatlantas Polrestabes Surabaya ini menyampaikan beberapa hal yang menjadi kendala keluhan masyarakat.
Dirinya mengatakan, akan menindak-lanjuti keluhan warga Surabaya terkait pelayanan kepolisian.
“Siap. Terima kasih infonya akan kami cek dan evaluasi kembali agar pelayanan ke depan lebih baik lagi,” kata Perwira Melati dua ini, melalui telephone selulernya, baru-baru ini.
Pada awal tahun ini tentunya di sibukkan dengan segala hal yang bersifat administrasi. Termasuk di dalamnya juga pembayaran administrasi tahunan dan salah satu hal administrasi yang harus kita bayar tahunan untuk proses perpanjangan adalah Surat Ijin Mengemudi (SIM).
Pihak yang berwenang sudah mengupayakan agar masyarakat tidak menggunakan jasa calo untuk mengurus dokumen apapun, termasuk memperpanjang SIM maupun SIM baru.
Mantan Kasubbidprovos Bidpropam Polda Jatim ini menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi kendala juga di SIM Corner Mall Tunjungan Plasa, yaitu keterbatasan dari perangkat SIM yang masih memiliki satu saja. Peningkatan pemohon SIM dikarenankan sebelumnya adanya libur natal sehingga menyebabkan antrian lebih banyak
“Perangkat pencetak SIM di Tunjungan Plasa cuman satu, pasti memerlukan waktu yang lama juga. Pembatasan kuota penerbitan SIM karena disesuaikan dengan jam kerja bank dan jumlah perangkat SIM, sedangkan Masyarakat sudah antri dari pukul 6.00 WIB,” jelas Teddy Candra.
Pelayanan SIM mall Tunjungan Surabaya diharapkan ada penambahan printer SIM ini, lanjut AKBP Teddy, wajib dilakukan karena Polrestabes Surabaya mencetak SIM baru maupun pembaruan sebanyak 1000 SIM perhari.
Oleh sebab itu, penambahan SIM diperlukan dikarenakan dalam percetakan SIM minimal dibutuhkan 1 menit waktu percetakan dengan kondisi seluruh jaringan internet lancar.
Sejauh ini Polrestabes Surabaya hanya memiliki 3 perangkat percetakan SIM. Ketiga mesin tersebut berada di 2 di kantor Colombo. Sedangkan satu lagi berada di corner SIM yakni di Tunjungan Plaza Satu (TP1).
“Sebelum SIM baru Polrestabes bisa melayani 1.000 lebih pembuatan SIM baik itu baru maupun perpanjangan. Selain cepat Polrestabes juga bisa melayani pembuatan SIM di tiga titik yakni Colombo, di kantor siola, di kantor TP 1,” imbuhnya.
Sebelumnya, Ramai cuitan netizen Facebook tentang buruknya pelayanan SIM di Tunjungan Plaza Surabaya, dengan 1 ribu like dan 127 Video yang dibagikan. (**)
Editor : Muh Iwan/Andi A Effendy
Sumber : Liputan Indonesia